Tugas
Manajemen Umum
Nama : Bagas Putra
Faisal
Kelas : 1DB02
NPM : 31114968
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Di
negara indonesia ini banyak sekali kita jumpai aneka ragam kuliner atau masakan
yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia sehari-hari, dikarenakan kesibukan
manusia dalam melaksanakan aktifitas maka dari itu kami tertarik untuk membuka
usaha dalam bidang kuliner atau masakan khas daerah ranah minang yaitu masakan
padang guna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia tersebut.
Karna
kami berasal dari ranah minang, dan kami mempunyai skill dalam bidang memasak,
maka kami memutuskan untuk membangun sebuah Rumah Makan Sederhana. Seperti
kuliner masakan lainnya masakan padang tidak kalah dalam hal rasa bahkan dunia
telah mengenalnya. Di kota2 besar bahkan dinegara tetangga lainnya masakan
padang cukup terkenal
Kehebatan rumah makan Padang tak lepas dari menu masakan yang
selalu memicu selera makan. Saat menikmati enaknya berbagai masakan padang,
orang-orang seakan lupa persoalan asam urat atau kolestrol yang mengintai
mereka. Disitulah menariknya usaha rumah makan padang.
Selain
enak, masakan padang juga mengandung gizi yang tinggi, ikannya yang mengandung
protein serta lalapan daun singkong nya yang mengandung karbohidrat membuat
masakan padang semakin dicintai dan dinikmati bagi setiap manusia. Di indonesia
ini bisa dikatakan setiap orang menyukai masakan padang.
BAB II
ISI BUSINESS PLAN
2.1VISI DAN MISI
VISI
Menjadikan
rumah makan padang sebagai perusahaan kuliner terkemuka di indonesia
MISI
1.
Menciptakan masakan yang bergizi
dan lezat untuk dinikmati pelanggan
2.
Memberikan pelayanan yang terbaik
kepada konsumen dari segi rasa dan harga
2.2 IDENTIFIKASI USAHA
·
Nama Usaha : Rumah Makan Sederhana
·
Pemilik Usaha :
Rahmat bagindo
·
Alamat Usaha : Jl.
Margonda Raya
·
Contac Person : +628125468952
2.3 RUANG LINGKUP USAHA
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih
dalam usaha rumah menengah, tetapi usaha ini bisa sangat menjanjikan karena masakan
padang terkenal nikmat di dunia.
Tujuan Usaha :
1.
Menyalurkan bakat dalam hal
bisnis
2.
Menumbuhkan jiwa wirausaha yang
berhasil
2.4 RENCANA ORGANISASI
Manager : 2 Orang
Juru Masak : 3
Orang
Pelayan : 2 Orang
Kasir : 1 Orang
Kompetensi SDM :
·
Manager
Mengontrol jalannya kegiatan dalam
perusahaan dan mampu memotivasi bawahannya dalam menjalankaan tugas dan
tanggungjawabnya masing-masing
·
Juru Masak
Menciptakan masakan yang nikmat , lezat
dan berkualitas baik yang mementingkan kebersihan dan cita rasa yang tinggi
·
Pelayan
Mampu melayani pelanggan dengan baik,
senyum, salam, sapa dan bersahabat
·
Kasir
Bertanggung jawab terhadap seluruh uang
masuk dan transaksi yang terjadi setiap harinya dan melaporkan kepada pimpinan
BAB III
ANALISIS USAHA
3.1 MODAL USAHA
Modal Usaha kami berjumlah
Rp.50.000.000 yang berasal dari modal sendiri dibantu keluarga
3.2 KEISTIMEWAAN MASAKAN
·
Harga menyesuaikan dengan apa
yang di pesan
·
Suguhan makanan
dengan berbagai aneka rasa khas minang
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
4.1
JENIS MASAKAN
Selain menyediakan rendang kami juga menjual
gulai tunjang, dendeng balado, ikan bilih dan gulai kepala kakap.ada juga
kerupuk, Kami juga menjual minuman
seperti teh manis hangat atau dingin, coca cola, fresh tea, sprite, fanta, teh
botol, Kerupuk kulit, dan yang lebih
uniknya ada kripik balado. Ini yang membedakan rumah makan kami dengan rumah
makan padang lainnya. Beras, Bumbu dan rempah rempah untuk pengelolaan masakan
padang ini kami sediakan selengkapnya supaya masakan kami enak untuk dinikmati
4.2 PROSPEK USAHA
Prospek perusahaan kami untuk
jangka panjang kami akan membuat cabang
di setiap kota kota besar yang ada di indonesia dan luar negeri. Sehingga
masakan padang ini makin dikenal dan menjadi masakan terfavorit nomor satu dari
deretan aneka kuliner yang ada di indonesia dan luar negeri.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
Target produksi kami dalam
jangka 1 hari menghasilkan pemasukan sebesar Rp. 3.000.000,-
4.3 BAHAN BAKU DAN PENGUNAANNYA
Resep
bumbu untuk membuat masakan padang :
·
Kunyit
·
Lengkuas
·
Jahe
·
Bawang merah
·
Bawang putih
·
Kemiri
·
Asam kandis
·
Cabe
·
Cengkeh
·
Daun kunyit
·
Daun sereh
·
Daun salam
·
Daun ruku-ruku
·
Daun jeruk
·
Daun cengkeh
Bahan-bahan untuk membuat
aneka masakan padang :
·
Daging
·
Telur
·
Ayam
·
Ikan
·
Kentang
·
Nangka
·
Daun singkong
·
Timun
·
Beras
·
kelapa
Alat Untuk Membuat :
·
ulekan
·
penggorengan
·
Pisau
·
Sendok
·
Mangkok
·
Baskom
·
Dandang
BAB VI
RENCANA PERMODALAN
6.1 MODAL USAHA
Modal
Usaha Mandiri : Rp.50.000.000
6.2 PENENTUAN HARGA PRODUKSI
Sewa
Tempat : Rp.15.000.000,- tahun
Beli
peralatan : Rp. 25.000.000,-
Biaya
tak terduga : Rp. 2.000.000,-
Biaya
keperluan dapur : Rp.
500.000,-/ hari
Biaya
Cetak Spanduk : Rp.
300.000,-
Biaya
pembuatan Plang : Rp.
1.000.000,-
Total
Biaya Oprasional : Rp. 46.300.000,-
Harga
Pokok Produksi Masakan padang :
Penjualan
masakan per hari : 100 porsi x
20.000,-
per
hari = 2.000.000,-
Aneka minuman : 75 porsi x 5.000,-
Per
hari = 375.000,-
Kerupuk
Kulit : 80
bungkus x 2.000,- perhari= 160.000,-
Total
pendapatan : Rp. 2.435.000,-
BAB VII
RENCANA PEMASARAN
7.1 ANALISIS
PERSAINGAN USAHA
A.
KELEBIHAN
·
Bahan bakunya mudah di temukan
·
Cita rasa yang mudah di terima
pelanggan
B.
KELEMAHAN
·
Untuk gulai mudah basi
C.
PELUANG
·
Hampir semua orang menyukainya
D. ANCAMAN
·
Munculnya Pesaing baru
7.2 ANALISIS
4P
1. PRODUCT
·
Type : Makanan
·
Brand : Masakan Padang
·
Quality : Bagus
·
Packing : -
2. PRICE
·
Price List : Rp.20.000,-/ Porsi/ Bungkus
3. PROMOTION
·
Advertising : Menggunakan media jejaring
sosial
·
Personal Selling :
Menjual kepada penjual secara langsung
4. PLACE
·
Berlokasi di wilayah Jl. Margonda
Raya, lokasi strategis di depan kampus universitas gunadarma
BAB VIII
RESIKO DAN ANTISIPASI
9.1
RESIKO YANG MUNGKIN TERJADI DALAM
USAHA
1. Harga bahan bahan yang
selalu mengalami turun naik
2. Adanya
persaingan dengan usaha yang sejenis
3. Kurang tercapainya
terget produksi
9.2 ANTISIPASI
YANG TERJADI DALAM USAHA
1. Memiliki
tempat langganan untuk membeli bahan pokok
2.
Selalu memberi Citarasa yang baik yang sesuai selera pelanggan
3.
Setiap hari secara continue dilakukan
evaluasi terhadap usaha
BAB IX
PENGEMBANGAN USAHA
1. Memiliki keyakinan terhadap ide,
kerjakeras dan kerjasama yang baik antara anggota tim
2. Memaksimalkan segala kemampuan
khusus demi terciptanya kemajuan dalam pengelolaan usaha rumah makan padang
3. Selalu mempelajari hal-hal baru serta menerima kritik atau masukan dari
pelanggan untuk kemajuan usaha kedepannya
4. Berusaha untuk mengembangkan diri
dan mempelajari hal-hal baru seperti masakan yang belum ada di rumah makan
padang lain nya
BAB X
KESIMPULAN
Kesimpulan dari
perencanaan usaha rumah makan padang ini adalah usaha yang memiliki prospek
bisnis yang bagus saat ini dan yang akan
datang. Karena rumah makan kami mempunyai menu makanan yang sangat enak
Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai perencanaan usaha rumah makan yang akan kami buka, kami
sangat menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahannya. Saya menerima kritik
dan saran untuk menjadikan usaha kami menjadi lebih baik lagi. Sekian dan
terimakasih
0 komentar:
Posting Komentar