Manajemen Umum - Perencanaan Tujuan

Tugas Manajemen Umum



Nama : Bagas Putra Faisal
Kelas : 1DB02
NPM : 31114968

JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Di negara indonesia ini banyak sekali kita jumpai aneka ragam kuliner atau masakan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia sehari-hari, dikarenakan kesibukan manusia dalam melaksanakan aktifitas maka dari itu kami tertarik untuk membuka usaha dalam bidang kuliner atau masakan khas daerah ranah minang yaitu masakan padang guna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia tersebut.
Karna kami berasal dari ranah minang, dan kami mempunyai skill dalam bidang memasak, maka kami memutuskan untuk membangun sebuah Rumah Makan Sederhana. Seperti kuliner masakan lainnya masakan padang tidak kalah dalam hal rasa bahkan dunia telah mengenalnya. Di kota2 besar bahkan dinegara tetangga lainnya masakan padang cukup terkenal
Kehebatan rumah makan Padang tak lepas dari menu masakan yang selalu memicu selera makan. Saat menikmati enaknya berbagai masakan padang, orang-orang seakan lupa persoalan asam urat atau kolestrol yang mengintai mereka. Disitulah menariknya usaha rumah makan padang.
Selain enak, masakan padang juga mengandung gizi yang tinggi, ikannya yang mengandung protein serta lalapan daun singkong nya yang mengandung karbohidrat membuat masakan padang semakin dicintai dan dinikmati bagi setiap manusia. Di indonesia ini bisa dikatakan setiap orang menyukai masakan padang.
BAB II
ISI BUSINESS PLAN
2.1VISI DAN MISI
VISI
                Menjadikan rumah makan padang sebagai perusahaan kuliner terkemuka di indonesia

MISI       
1.     Menciptakan masakan yang bergizi dan lezat untuk dinikmati pelanggan
2.    Memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dari segi rasa dan harga

2.2     IDENTIFIKASI USAHA
·         Nama Usaha      :  Rumah Makan Sederhana
·         Pemilik Usaha   :  Rahmat bagindo
·         Alamat Usaha   :  Jl. Margonda Raya
·         Contac Person   : +628125468952

2.3     RUANG LINGKUP USAHA
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih dalam usaha rumah menengah, tetapi usaha ini bisa sangat menjanjikan karena masakan padang terkenal nikmat di dunia.
Tujuan Usaha :
1.     Menyalurkan bakat dalam hal bisnis
2.    Menumbuhkan jiwa wirausaha yang berhasil

2.4      RENCANA ORGANISASI
Manager      :         2 Orang
Juru  Masak :         3 Orang
Pelayan         :         2 Orang
Kasir                     :         1 Orang

Kompetensi SDM             :
·         Manager
Mengontrol jalannya kegiatan dalam perusahaan dan mampu memotivasi bawahannya dalam menjalankaan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing
·         Juru Masak
Menciptakan masakan yang nikmat , lezat dan berkualitas baik yang mementingkan kebersihan dan cita rasa yang tinggi
·         Pelayan
Mampu melayani pelanggan dengan baik, senyum, salam, sapa dan bersahabat
·         Kasir
Bertanggung jawab terhadap seluruh uang masuk dan transaksi yang terjadi setiap harinya dan melaporkan kepada pimpinan


BAB III
ANALISIS USAHA

3.1      MODAL USAHA
                        Modal Usaha kami berjumlah Rp.50.000.000 yang berasal dari modal sendiri dibantu keluarga

3.2      KEISTIMEWAAN MASAKAN
·         Harga menyesuaikan dengan apa yang di pesan
·         Suguhan  makanan  dengan berbagai aneka rasa khas minang
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA

4.1      JENIS MASAKAN
Selain menyediakan rendang kami juga menjual gulai tunjang, dendeng balado, ikan bilih dan gulai kepala kakap.ada juga kerupuk,  Kami juga menjual minuman seperti teh manis hangat atau dingin, coca cola, fresh tea, sprite, fanta, teh botol,  Kerupuk kulit, dan yang lebih uniknya ada kripik balado. Ini yang membedakan rumah makan kami dengan rumah makan padang lainnya. Beras, Bumbu dan rempah rempah untuk pengelolaan masakan padang ini kami sediakan selengkapnya supaya masakan kami enak untuk dinikmati


4.2      PROSPEK USAHA
Prospek perusahaan kami untuk jangka panjang  kami akan membuat cabang di setiap kota kota besar yang ada di indonesia dan luar negeri. Sehingga masakan padang ini makin dikenal dan menjadi masakan terfavorit nomor satu dari deretan aneka kuliner yang ada di indonesia dan luar negeri.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
Target produksi kami dalam jangka 1 hari menghasilkan pemasukan sebesar Rp. 3.000.000,-
4.3      BAHAN BAKU DAN PENGUNAANNYA
Resep bumbu  untuk membuat masakan padang                  :
·         Kunyit
·         Lengkuas
·         Jahe
·         Bawang merah
·         Bawang putih
·         Kemiri
·         Asam kandis
·         Cabe
·         Cengkeh
·         Daun kunyit
·         Daun sereh
·         Daun salam
·         Daun ruku-ruku
·         Daun jeruk
·         Daun cengkeh

Bahan-bahan untuk membuat aneka masakan padang :
·         Daging
·         Telur
·         Ayam
·         Ikan
·         Kentang
·         Nangka
·         Daun singkong
·         Timun
·         Beras
·         kelapa
Alat Untuk Membuat                                    :
·         ulekan
·         penggorengan
·         Pisau
·         Sendok
·         Mangkok
·         Baskom
·         Dandang


BAB VI
RENCANA PERMODALAN
6.1      MODAL USAHA
Modal Usaha  Mandiri                :         Rp.50.000.000
                        6.2      PENENTUAN HARGA PRODUKSI
Sewa Tempat                            :         Rp.15.000.000,- tahun
Beli peralatan                           :         Rp. 25.000.000,-
Biaya tak terduga                      :         Rp.   2.000.000,-
Biaya keperluan dapur               :         Rp.   500.000,-/ hari
Biaya Cetak Spanduk                 :         Rp.      300.000,-
Biaya pembuatan Plang               :         Rp.   1.000.000,-
Total Biaya Oprasional                :           Rp. 46.300.000,-


                Harga Pokok Produksi Masakan padang :

Penjualan masakan per hari        : 100 porsi x 20.000,-
per hari = 2.000.000,-

Aneka  minuman                         : 75 porsi x 5.000,-    
Per hari = 375.000,-

Kerupuk Kulit                            : 80 bungkus x 2.000,- perhari=  160.000,-

Total pendapatan                          :  Rp. 2.435.000,-




BAB VII
RENCANA PEMASARAN

7.1      ANALISIS PERSAINGAN USAHA

A.    KELEBIHAN
·         Bahan bakunya mudah di temukan
·         Cita rasa yang mudah di terima pelanggan
B.    KELEMAHAN
·         Untuk gulai mudah basi
C.     PELUANG
·         Hampir semua orang menyukainya
D.  ANCAMAN
·         Munculnya Pesaing baru

7.2      ANALISIS 4P
1.     PRODUCT
·         Type                 : Makanan
·         Brand               : Masakan Padang
·         Quality             : Bagus
·         Packing             : -
2.     PRICE
·         Price List                   : Rp.20.000,-/ Porsi/ Bungkus
3.     PROMOTION
·         Advertising                : Menggunakan media jejaring sosial
·         Personal Selling           : Menjual kepada  penjual secara langsung
4.     PLACE
·         Berlokasi di wilayah Jl. Margonda Raya, lokasi strategis di depan kampus universitas gunadarma
BAB VIII
RESIKO DAN ANTISIPASI

9.1      RESIKO YANG MUNGKIN TERJADI DALAM USAHA
1.  Harga bahan bahan yang selalu mengalami turun naik
2. Adanya persaingan dengan usaha yang sejenis
3. Kurang tercapainya terget produksi

9.2      ANTISIPASI YANG TERJADI DALAM USAHA
1. Memiliki tempat langganan untuk membeli bahan pokok
2. Selalu memberi Citarasa yang baik yang sesuai selera pelanggan
3.  Setiap hari secara continue dilakukan evaluasi terhadap usaha
BAB IX
PENGEMBANGAN USAHA
1. Memiliki keyakinan terhadap ide, kerjakeras dan kerjasama yang baik antara anggota tim
2. Memaksimalkan segala kemampuan khusus demi terciptanya kemajuan dalam pengelolaan usaha rumah makan padang
3. Selalu mempelajari hal-hal baru serta menerima kritik atau masukan dari pelanggan untuk kemajuan usaha kedepannya

4. Berusaha untuk mengembangkan diri dan mempelajari hal-hal baru seperti masakan yang belum ada di rumah makan padang lain nya



BAB X
KESIMPULAN
Kesimpulan dari perencanaan usaha rumah makan padang ini adalah usaha yang memiliki prospek bisnis yang bagus saat ini dan  yang akan datang. Karena rumah makan kami mempunyai menu makanan yang sangat enak

     Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai perencanaan  usaha rumah makan yang akan kami buka, kami sangat menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahannya. Saya menerima kritik dan saran untuk menjadikan usaha kami menjadi lebih baik lagi. Sekian dan terimakasih



Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Manajemen Umum - Perencanaan Tujuan ini dipublish oleh Unknown pada hari Sabtu, 27 Desember 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Manajemen Umum - Perencanaan Tujuan
 

0 komentar:

Posting Komentar